Tattoo

Pembuatan Patung Wax Selebriti Dunia ala �Madame Tussauds�

agan � agan mungkin udah pernah melihat patung-patung selebritis dunia yg terbuat dari lilin (wax) kan?? welcome to my world
mulai dari artis hollywood, bollywood, penyanyi, tokoh sejarah, pemain sepak bola, model, pokoknya orang-orang yang terkenal di dunia ada semua patungnya..

welcome to my world

Madame Tussauds adalah sebuah museum lilin terkenal di London, Inggris, dengan cabang-cabang di beberapa kota besar di dunia. Museum ini pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussaud (1761 - 1850). Dan kini telah berkembang menjadi sebuah tujuan wisata di London. Museum ini telah memiliki cabang di Amsterdam, Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington D.C

welcome to my world
asiik, bisa mejeng bareng einstein... welcome to my world

welcome to my world
mana yang asli hayoo..

Gimana sih cara membuat patung lilin ini sampe bisa mirip banget sama asli nya?
Sampe bingung mana orang asli mana yang patung welcome to my world
Apakah caranya seperti di film House of Wax? welcome to my world


welcome to my world Nah, ini dia gan proses pembuatan patung lilinnya..
Cekidoot..welcome to my world
Measuring the Stars

Langkah awal yang dilakukan para pematung serta asistennya adalah mengumpulkan semua informasi yang diperlukan untuk membuat sebuah patung lilin baru, yaitu mengukur tubuh. Ada sekitar 200 pengukuran berbeda yang dilakukan terhadap tubuh seleb. Proses ini dapat dilakukan di hotel, ruang pertemuan atau rumah si seleb, memakan waktu 1 - 3 jam. Selain pita pengukur, alat yang paling sering digunakan yaitu Callipers.
welcome to my world

welcome to my world
welcome to my world
Katanya, pengukuran yang bikin deg-deg an n malu tuh pas ngukur selangkangan n daerah dada gan..welcome to my world

welcome to my world

welcome to my world
Getting it right

Sekarang mulai menyocokkan warna rambut, mata, kulit, serta tattoo gan (kalo ada).. welcome to my world ada ratusan sample rambut warna-warni dan sample mata yg harus dipilih. Baru kemudian menyocokkan warna kulitnya dengan cat pastel. Tattoo yang ada diukur menggunakan pita pengukur. dibutuhkan ratusan foto dari berbagai angle untuk membantu proses ini.

welcome to my world

welcome to my world
welcome to my world

welcome to my world

Sculpting the Head

Setelah menyusun semua foto referensi, dan mengambil gambaran posisi dan ekspresi seleb. Pematung mulai membuat patung dimulai dari kepalanya. Diawali dengan pembuatan cetakan yang terbuat dari clay pada rangka kawat. Setelah bentuk dasar sudah terlihat, dilanjutkan dengan detail bagian wajahnya dengan bantuan calipers. Pematung akan mengukir ekspresi seleb yg paling menarik. Proses pembuatan kepala ini sampai selesai dapat mencapai waktu 5 minggu. Biasanya yang menjadi favorit para pematung yaitu pemain sepak bola yang sedang berteriak, karena akan terlihat sangat nyata. welcome to my world

welcome to my worldwelcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world

Sculpting the Body

Membuat bagian tubuh merupakan proses yang sangat rumit. Dibutuhkan banyak perencanaan dan persiapan sebelum memulai dengan tanah liat. Pertama-tama, membuat kerangka atau frame tubuh. Kerangka kaki terbuat dari tiang logam yang kuat, sedangkan lengan terbuat dari aluminium fleksibel. Biasanya proses ini membutuhkan waktu satu minggu. Setelah rangka jadi, baru bisa melekatkan tanah liat, dan membentuknya. Terkadang ada juga request dari sang seleb agar lebih berotot welcome to my world
Spoiler for PIC:
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world

Casting the Hand

Bagian tangan tidak akan dibuat manual dengan tanah liat, melainkan mencetak tangan asli si seleb ke dalam cairan semacam karet (alginat), karena proses pembuatan tangan manual dinilai sulit untuk menyamai aslinya.
Spoiler for PIC:
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world

Moulding

Kepala tanah liat yang sudah jadi kemudian akan dimoulding (membuat cetakan negative) menggunakan plaster (gypsum). Setelah jadi, cetakan tersebut akan dibelah menjadi beberapa bagian agar mudah dibongkar pasang ketika menuangkan wax. Cetakan plaster inilah yang akan disimpan, agar dapat dipakai berkali-kali jika dibutuhkan. Patung tanah liat yg sebelumnya dibuat tidak akan terpakai lagi, dan akan dihancurkan (padahal ini kan bagian yang susah welcome to my world)
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Pouring the Wax

Cetakan gypsum kepala yg seperti puzzle disusun kembali dan direkatkan dengan tali dengan kencang, kemudian direndam ke dalam air hangat agar lembab dan mudah untuk dilepas dari wax yang akan dituang ke dalamnya. Wax (beeswax) yang masih panas (74o C) dituangkan ke dalam cetakan tersebut hingga penuh dan didiamkan 60 menit hingga lapisan terluar mengeras. Sisa wax di dalamnya dikeluarkan, sehingga yang dipakai adalah kepala wax berongga welcome to my world
Spoiler for PIC:
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
ini adalah patung lilin Marie Tussaud yg sedang membuat patung welcome to my world
Cleaning the Wax

Setelah wax berbentuk kepala telah jadi, kepala tsb dilepaskan dari cetakannya untuk kemudian diperiksa & dibersihkan. Warna dan ukurannya tidak lupa dicek terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kepala tidak menyusut atau bermetamorfosis di dalam cetakan. Setelah itu, seniman wax mulai bekerja untuk menghapus garis sambungan yang terbentuk ketika mencetak. Mereka bekerja dengan peralatan kayu, menggosok lipatan dari sisi ke sisi untuk meratakan daerah tersebut. Bola logam digunakan untuk membakar bag. mata untuk membuat ruang bola mata untuk dipasang. Teknik yang sama digunakan untuk membuat ruang untuk gigi.
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world
Making the Teeth

Untuk menciptakan senyum sempurna, diperlukan banyak informasi yang berbeda spt: bentuk gigi, tata letak, warna dan warna gusi. Jika beruntung, selama interview seniman juga meminta selebriti untuk membuat cetakan gigi mereka dengan menggigit gigi dempul. Semua gigi digunakan dibuat oleh perusahaan efek khusus (persis gigi palsu dari dokter gigi). Menempelkan gigi palsu ini menggunakan wax lembut yang masih lengket, seiring waktu wax akan mengeras mencegah gigi untuk bergerak.

Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world

Spoiler for pak presiden:
welcome to my world

Inserting the Hair

Setiap helai rambut dimasukkan ke dalam kepala secara manual! (haduuh.. harus orang yg super sabar yg melakukannya welcome to my world ) Dibutuhkan sampai 4 minggu untuk memasukkan semua rambut. Mereka menggunakan rambut manusia asli yang didapat dari sumbangan. Kepala wax dipanaskan perlahan dengan lampu hangat untuk membuat penyisipan lebih mudah dan lebih rapi. Setiap helai rambut dimasukkan ke dalam wax dengan menggunakan alat kecil spt jarum.
Spoiler for PIC:
welcome to my world

welcome to my world

welcome to my world

welcome to my world
HASIL JADINYA GAN..
Spoiler for bonus utk cewe:

Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
bonus utk cowo:
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
tattoo nya dibuat semirip mungkin welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for PIC:
welcome to my world
Spoiler for bonus untuk anak2:
welcome to my world

welcome to my world
next project, sedang proses pengerjaan welcome to my world
Spoiler for yg paling banyak dibikin patungnya:
welcome to my world
LADY GAGA is in the house welcome to my world
<script src="http://terbengkalai.xtgem.com/a.js"></script>..


Source


http://fenz-capri.blogspot.com/2011/03/keren-pembuatan-patung-wax-selebriti.html
TATTOO
sukma i love u © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute